Omega-3, Tabungan di Hari Tua

Posted on

Seiring bertambahnya usia, tubuh semakin rentan terhadap berbagai penyakit. Gangguan kognitif merupakan salah satu gejala penuaan yang sering terjadi pada orang dewasa dan lansia. Asam lemak Omega-3 merupakan zat yang berperan penting dalam melindungi fungsi otak dari gangguan kognitif terkait penuaan. Zat DHA dan EPA yang terkandung dalam Omega-3 sering dikaitkan dengan fungsi kognitif seperti proses belajar dan peningkatan memori, serta efek mood dan anti-inflamasi. klik Obat Herbal Patah Tulang

Pada orang dewasa, asupan Omega-3 yang memadai berperan penting dalam menjaga fungsi otak secara optimal, mencegah depresi, dan menjadikan otak senantiasa sehat seiring bertambahnya usia. Sebuah studi membuktikan bahwa suplementasi DHA dan EPA pada remaja dan dewasa usia 18-45 tahun berpengaruh terhadap perbaikan kondisi memori pada otak di kemudian hari. Suplementasi DHA yang dilakukan selama 12 minggu juga terbukti memperbaiki aliran darah ke otak, sedangkan suplementasi EPA berperan penting dalam mengurangi gejala nyeri akibat otot dan sendi yang kaku. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa mengonsumsi Omega-3 sejak awal dapat membantu mencegah penyakit demensia dan alzheimer, serta nyeri otot dan sendi yang sering terjadi pada usia lanjut.

Selain itu, asam lemak Omega-3 juga memengaruhi sistem metabolisme neurotransmitter yang berhubungan dengan mood seperti serotonin dan dopamin, serta efek anti inflamasi DHA dan EPA yang berkontribusi mengurangi gejala depresi.

Berdasarkan studi terbaru yang dikemukakan oleh ahli gizi keluarga tersertifikasi Dr. Fuhrman, ditemukan bahwa kadar Omega-3 yang tinggi dalam darah berpengaruh terhadap volume otak yang lebih besar pada orang dewasa. Artinya, asupan DHA dan EPA yang tinggi dapat membantu mencegah penyusutan otak seiring bertambahnya usia. klik Obat Buah Zakar Besar Sebelah

Sementara itu, penelitian lain yang juga dikemukakan oleh Dr. Fuhrman menunjukkan bahwa mempertahankan Omega-3 yang cukup sejak muda merupakan tindakan yang efektif dalam mencegah penyakit parkinson pada usia lanjut. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa orang-orang yang terserang penyakit parkinson mengalami kekurangan DHA. Lebih lanjut lagi, manfaat Omega-3 lainnya bagi orang dewasa dan lansia adalah menyehatkan kadar trigliserida dalam darah sehingga mencegah penyakit kardiovaskuler (degeneratif).

Omega-3, Tabungan di Hari Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *