Pola Makan Sehat Untuk Ibu Hamil

Posted on

Pola makan sehat merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, termasuk bagi ibu hamil. Saat hamil, tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi dari biasanya sehingga diperlukan pola dan menu makan sehat yang mampu mencukupi kebutuhan gizi ibu dan janin. Pola makan yang sehat bagi ibu hamil diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.

Baca juga : Cara Tradisional Membersihkan Rahim Pasca Keguguran Tanpa Kuret

Makan sehat selama hamil sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Untuk memperoleh gizi yang seimbang selama kehamilan, ibu hamil perlu mengonsumsi 300 kalori ekstra per hari dengan mendapatkan nutrisi dari berbagai kelompok makanan berikut ini.

  • Buah dan Sayuran

Sumber nutrisi penting bagi kehamilan, terutama vitamin C dan asam folat. Ibu hamil membutuhkan minimal 70mg vitamin C dan 0,4mg asam folat per hari untuk mencegah defek tabung saraf pada janin. Untuk itu, konsumsilah 2-4 porsi buah dan 4 porsi sayuran setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.

  • Karbohidrat

Sumber energi utama ibu hamil berasal dari karbohidrat penting yang ditemukan dalam roti dan biji-bijian. Produk gandum adalah salah satu jenis karbohidrat yang direkomendasikan untuk memperoleh nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin B, serat, dan protein. Konsumsilah 6-11 porsi roti atau biji-bijian per hari untuk memperoleh nutrisi lengkap selama kehamilan.

  • Protein

Janin yang sedang berkembang membutuhkan banyak protein, terutama pada trisemester kedua dan ketiga. Untuk itu, ibu hamil perlu mengonsumsi daging, unggas, ikan, telur, dan kacang-kacangan yang mengandung protein dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan selama kehamilan agar terhindar dari gejala kelelahan, kelemahan, mudah tersinggung, dan depresi. Rata-rata ibu hamil membutuhkan 80 gram protein harian untuk kehamilan yang sehat.

  • Kalsium

Ibu hamil membutuhkan paling sedikit 1.000mg kalsium per hari untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, serta mengoptimalkan fungsi otot dan saraf. Sumber kalsium terbaik dapat ditemukan pada produk susu, sayuran hijau, makanan laut, dan kacang-kacangan. Untuk itu, konsumsilah minimal 4 porsi makanan yang mengandung kalsium selama kehamilan.

  • Lemak

Mengonsumsi lemak dalam jumlah yang memadai sangat penting bagi perkembangan organ tubuh dan otak janin. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung lemak seperti daging, mentega, minyak zaitun, minyak kelapa, kacang-kacangan, dan produk susu.

Baca juga : Obat Pembersih Rahim Setelah Janin Keluar Tanpa Kuret

  • Air

Volume darah pada ibu hamil akan meningkat selama kehamilan sehingga diperlukan cairan yang cukup untuk mengisi kembali cairan amnion (air ketuban) yang ada di dalam kandungan. Minum air yang cukup dapat membantu melawan morning sickness, konstipasi, dan mencegah dehidrasi pada ibu dan janin.

Pola Makan Sehat Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *